EASYCORE

Loading...

Jumat, 23 November 2012

Peran Internet Service Provider (ISP)

Internet Service Provider (ISP) adalah suatu perusahaan yang berperan menyediakan jasa layanan akses Internet baik untuk kepentingan pribadi maupun perusahaan. ISP juga dapat disebut pintu gerbang (gateway) untuk menuju Internet. Agar kita dapat berhubungan ke Internet, kita perlu mendaftarkan ke ISP untuk mendapatkan nama dan alamat di Internet. Terdapat berbagai jenis layanan yang disediakan oleh suatu ISP, seperti dial-up, hotspot, mobile access, wireless, dan dedicated connection.
1. Dial-up
Merupakan layanan yang disediakan untuk pengguna Internet melalui kabel telepon dan didukung oleh modem. Pada umumnya ISP membagi layanan dengan beberapa macam paket seperti Personal Dial-Up untuk perorangan dan Corporate Dial-Up untuk perkantoran. Dial-up connection atau dial-up saja adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada akses Internet dengan menggunakan jalur telepon tetap atau telepon bergerak. Pertama-tama, komputer melalui modem melakukan pemanggilan telepon (dial-up) ke Penyelenggara Jasa Internet. Setelah terhubung maka komputer dapat segera mengakses Internet dan kemudian mengakhiri koneksi dengan memutuskan hubungan telepon.
2. Hotspot
Hotspot (Wi-Fi) adalah salah satu bentuk pemanfaatan teknologi Wireless LAN pada lokasi-lokasi publik seperti taman, perpustakaan, restoran ataupun bandara. Pertama kali digagas tahun 1993 oleh Brett Steward. Dengan pemanfaatan teknologi ini, individu dapat mengakses jaringan seperti internet melalui komputer atau laptop yang mereka miliki di lokasi-lokasi dimana hotspot disediakan.
3. Mobile Access
Mobile Access adalah layanan akses internet yang diperoleh secara mudah dan praktis melalui ponsel. Dapat digunakan dimanapun selama masih dalam daerah cakupan dari operator.
4. Wireless
Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.
Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat.
Versi Wi-Fi yang paling luas dalam pasaran AS sekarang ini (berdasarkan dalam IEEE 802.11b/g) beroperasi pada 2.400 MHz sampai 2.483,50 MHz. Dengan begitu mengijinkan operasi dalam 11 channel (masing-masing 5 MHz).
Sekarang ini ada empat variasi dari 802.11, yaitu:
- 802.11a
- 802.11b
- 802.11g
- 802.11n
5. Dedicate Connection
Layanan internet yang terhubung terus menerus selama 24 jam dan 7 hari dalam seminggu. Pada umumnya, digunakan untuk mengakses internet melalui fiber optic,jaringan TV, kabel, satelit, dan telepon rumah.
Sumber: http://koneksi-tik.blogspot.com/2010/11/peran-internet-service-provider-isp.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar