Jumat, 23 November 2012

pelayanan world wide web

 Untuk proses pencarian dan menemukan suatu informasi, kita dapat menggunakan mesin pencari yang dikenal dengan istilah search engine. Search engine merupakan sebuah situs khusus yang dirancang untuk menyimpan katalog serta menyusun daftar alamat tersebut berdasarskan topik tertentu. Kemampuan internet tidak terbatas dalam mengolah informasi dan mempunyai sumber daya yang tidak sedikit.

World Wide Web (WWW) atau biasa disebut dengan web merupakan salah satu layanan yang diperoleh pengguna computer yang terhuung dengan Internet. Selain itu, WWW juga dapat diartikan sebagai sebuah sistem di mana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan informasi lainnya dipresentasikan dalam bentuk hypertext. Protokol yang digunakan web disebut HTTP (HyperText Transfer Protocol) yang berjalan pada TCP/IP. Dokumen web pada umumnya ditulis dalam format HTML (HyperText Markup Language)

Saat ini Internet dapat memberikan manfaat pada hampir semua bidang kehidupan. Berikut ini merupakan bidang yang mendapatkan manfaat dari penggunaan Internet.
a. Bidang akademis
Dengan adanya internet, bermacam - macam referensi, jurnal, maupun hasil penelitian yang dipublikasikan melalui internet tersedia dalam jumlah yang sansat banyak. Cukup dengan memanfaatkan search engine, materi yang relevan dan lebih up-to-date dapat segera ditemukan. penggunaan internet juga memungkinkan diadakannya kegiatan belajar jarak jauh, karena internet tidak mengenal batasan geografis.
b. Bidang ekonomi dan bisnis
Kegiatan bisnis dapat dilakukan secara lintas negara dimana pelakunya tidak perlu bepergian ketempat dimana rekan bisnisnya berada. Hal ini disebabkan karena adanya e-Commerce.
c. Bidang keagamaan
Dalam bidang keagamaan, internet dimanfaatkan untuk sarana dakwah maupun diskusi keagamaan. Misalnya Isnet (Islam) maupun ParokiNet (Katolik).  
d. Bidang sosial
Dengan menggunakan e-mail maupun chatroom, kamu dapat menjalin komunikasi dengan teman di seluruh penjuru dunia dengan biaya murah.
e. Bidang komunikasi
Kehadiran teknologi VoIP(Voice Over Internet Protocol)memberikan manfaat yang sangat besar, yaitu pengguna telepon tidak perlu mengeluarkan biaya sambungan internasional yang mahal untuk menghubungi rekan bisnis atau keluarga diluar negeri. 
f. Bidang hiburan
Internet menyediakan banyak hiburan untuk penggunanya. Kamu dapat bermain game dengan lawan dari negara lain melalui jaringan internet, dengan memanfaatkan game server. Kita juga dapat mendapatkan klip-klip MP3 dari lagu-lagu favorit dengan mudah. 
Selain memberikan manfaat positif, internet juga mempunyai dampak negatif, seperti halnya pembajakan karya intelektual dan sebagainya. Para pengguna internet juga akan kehilangan kesempatan bahkan kemampuan untuk berkomunikasi secara personal kamrena adanya kemudahan dan kenyamanan dalam berkomunikasi melalui internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar